Jumat, 02 Maret 2012

my own status on facebook


Sekolah favourite/unggulan/mahal tidak menjamin seorang anak pasti pintar apabila di rumah ketika si anak butuh ketenangan untuk belajar, tapi papa dan mama justru rajin bertengkar. Anak-anak tidak akan pernah bisa fokus ataupun konsentrasi untuk belajar karena mereka sudah stres lebih dulu mendengar keributan orang tuanya. (published on facebook July 31, 2011)

Maka itu, bagi para orang tua yang tidak mampu menyekolahkan anaknya di sekolah favourite, jangan kecewa dulu. Alkitab mengajarkan bahwa sekolah paling baik adalah di rumah dan guru terbaik adalah papa dan mama. Karena dari mereka anak-anak bisa belajara segala hal tentang kehidupan yang tidak semuanya diajarkan di sekolah. Ada 4 tempat yang Tuhan tetapkan untuk kita bisa mengajar anak-anak. (published on facebook August 1, 2011)

Sering saya mendengar banyak orang tua yang mengajar anaknya dengan kalimat “harus berapa kali papa ngomong, kamu itu harus…!!.” Wahai para orang tua, Alkitab mengajarakan bahwa mendidik anak itu tidak cukup berapa kali, tapi harus berulang-berulang. Karena semua manusia itu awalnya bodoh, belum tahu apa-apa, maka itu perlu di ajar secara terus-menerus. Berikut ini ke 4 tempat untuk mengajar anak. (published on facebook August 2, 2011)

Tempat pertama adalah di rumah, anak-anak bisa duduk diam dirumah itu maksimal sampai usia mereka 12 tahun, lewat usia itu mereka sudah masuk dunia baru, dunia remaja. Dimana mereka mulai mencari tahu segala sesuatu dari luar. Orang tua sering terlambat mengetahui hal ini dan baru sadar ketika si anak mulai pulang malam. Maka itu manfaatkan waktu pertumbuhan 0-12 tahun di rumah untuk mengajar, memberitahu dan menerangkan hal-hal yang baik kepada anak. (published on facebook August 3, 2011)

Tempat kedua adalah di perjalanan. Biasanya anak-anak kalau sudah 1-2 minggu tidak diajak jalan-jalan, mereka pasti akan minta untuk di ajak keluar. Kalau sudah diluar, mereka pasti akan bertanya banyak hal tentang apapaun yang mereka lihat. Banyak orang tua yang entah bodoh atau memang tidak mengerti, mereka sering bilang “kamu ini, kecil-kecil sudah banyak Tanya, cerewet!” hanya untuk menutupi kebodohannya atau memang malas untuk menjawab. Gunakanlah kesempatan dalam perjalanan untuk menjelaskan tentang dunia kepada anak-anak. (published on facebook August 4, 2011)

Tempat ketiga adalah ketika berbaring/tempat tidur. Salah satu sarana mengembangkan imajinasi anak adalah lewat mimpi. Maka itu jangan heran jika anak-anak mina diceritakan sesuatu sebelum tidur, karena cerita sebelum tidur adalah modalbagi mimpinya nanti. Bayangkan kalau kita menceritakan tokoh-tokoh iman dalam Alkitab, nantinya Roh Kudus akan jadi sutradara mimpi mereka, anak itu mungkin bisa jadi aktornya, di dalam tidur mereka akan berimajinasi tentang firman yang kita sampaikan sebelum mereka tidur. (published on facebook August 5, 2011)

Tempat keempat adalah ketika bangun. Pernahkah anda mendapati seorang anak yang tiba-tiba menangis atau anak perempuan yang langsung duduk di pojok rumah dan berbicara sendiri ketika baru bangun tidur? Tanyakan apa yang mereka lihat dan alami dari mimpinya, kemudian jelaskan dengan ilmu pengetahuan apa arti mimpi itu, jangan sesatkan anak-anak dengan mitos yang ngawur, karena apa yang diajarkan kepada anak-anak sedari kecil, itu akan terekam di dalam otak sampai mereka besar nanti. (published on facebook August 7, 2011)

Ulangan 6:7 “haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.” Alkitab bukan hanya perintahkan orang tua untuk mengajar, tetapi juga membicarakan/mendiskusikan dengan anak-anak. Dengarkan pemikiran mereka walau mereka masih kecil, puji mereka dan arahkan bila mereka salah, dengan begitu anak-anak tidak akan pernah berhenti untuk berimajinasi. (published on facebook August 7, 2011)

Motivasi second chance: Setiap akan melakukan sesuatu, anggaplah itu sebagai kesempatan kedua. Seakan-akan anda pernah melakukannya dan ternyata gagal dan anda sangat menyesalinya, sehingga anda berkata bila di berikan kesempatan kedua, anda akan mengupayakan yang terbaik yang anda bisa. Ini melatih anda tidak main-main dan selalu bersungguh-sungguh ketika mengerjakan sesuatu. Karena tidak semua hal di dunia ini punya kesempatan kedua. (published on facebook August 15, 2011)

Salah satu tanda seorang Kristen sejati bisa dilihat dari berapa banyak orang yang datang untuk minta nasehat. Karena ada banyak orang yang datang kepada Yesus untuk minta nasehat, maka itu Tuhan Yesus pun dikenal sebagai Penasehat Ajaib. (published on facebook August 25, 2011)

Jika anda mengaku sudah puluhan tahun jadi Kristen, tapi sedikit sekali yang datang minta, itu tanda anda belum Kristen. Karna itu sama saja artinya orang belum melihat Yesus dalam hidupmu. (published on facebook August 26, 2011)

“Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku..” Yohanes 4:34. Makan adalah kegiatan yang tidak mungkin tidak dilakukan oleh semua mahluk hidup. Intinya kalau tidak makan, pasti mati. Yesus menggambarkan melakukan kehendak Bapa seperti makanan, artinya anak Tuhan yang tidak melakukan kehendak Bapa, sama saja sudah mati kerohaniannya, karena tidak pernah diberi makan. Mari kita mulai atur waktu “makan” kita setiap hari, cari tahu di Alkitab apa “menu” yang Tuhan sediakan, dan makanlah dengan lahap. (published on facebook August 27, 2011)

Jangan pernah sekali-kali membenci orang-orang yang pernah atau sedang menyakiti hatimu, bersyukurlah dan doakan mereka, karena merekalah kamu bisa belajar dan tahu apa itu MENGAMPUNI. Justru seharusnya kita beri mereka hadiah, setidaknya ya ajaklah makan bersama. Mungkin ini maksud Tuhan Yesus berkata “kasihilah musuhmu…(Lukas 6:27)” karena memang dampak baiknya buat kita sendiri. (published on facebook September 2, 2011)

The Power of Kepepet. Ketika tugas sudah mendekati tanggal kumpulnya, tiba-tiba semuanya sibuk bekerja dan ajaibnya adalah segala ide, kalimat dan bahan yang susah sekali di dapatkan ketika tanggal kumpul masih jauh, bisa datang dengan sendirinya ketika hari akhir sudah dekat. Memang baik dan luar biasa kekuatan kepepet ini, tapi akan lebih baik bila semua tugas bisa di cicil ketika hari masih jauh, sehingga hasilnya pun akan lebih baik dari yang dadakan. Good Luck.. (published on facebook September 7, 2011)
Salah satu tanda ketidakdewasaan adalah hobby sekali tersinggung. Maka itu yang hobby-nya rajin sekali tersinggung, anda sedang memberitahu dunia bahwa anda belum dewasa. (published on facebook September 8, 2011)

Bagi yang berpacaran: Bila kau merasa hubunganmu membuatmu semakin jauh dari Tuhan, PUTUSKAN.. Itu tanda dari Tuhan kalau pacarmu bukanlah pasangan yang tepat bagimu. Kemudian ambil pelajaran dari situ. (published on facebook September 14, 2011)

Bagi yang menikah: Bila kau merasa pernikahanmu tidak bahagia, banyak-banyak mengampuni dan melupakan. Ingat bahwa pasanganmu sekarang adalah orang yang kau pilih dan kau bawa kehadapan Tuhan sebagai pasanganmu. TERUSKAN.. sampai Yesus datang. (published on facebook September 13, 2011)
Rasanya Tuhan terlihat lebih indah bila di lihat dari kerumunan masalah dan pergumulan daripada kerumunan berkat… (published on facebook September 16, 2011)

Larilah dari masalahmu, dan kau tidak akan pernah bisa menyaksikan bagaimana cara Tuhan menolongmu. Apapun yang kau hadapi sekarang, jangan takut dan bimbang, ingatlah bahwa Tuhan selalu besertamu.(1Korintus 10:13) (published on facebook September 22, 2011)

Seharusnya Tuhan yang memanfaatkan gereja untuk mewujudkan kehendak-Nya, tapi sekarang justru gereja yang memanfaatkan Tuhan untuk mewujudkan kehedaknya. (published on facebook September 22, 2011)

Ketika seseorang memutuskan untuk memenuhi panggilan menjadi hamba Tuhan, sejak saat itu hidupnya harus selalu siap di ganggu. Kalau tidak mau di ganggu, lebih baik berhenti jadi hamba Tuhan, daripada hanya menjadi penghalang bagi banyak orang untuk mengenal Yesus. (published on facebook September 23, 2011)

Adam karena satu saja dosanya, keluar dari surga. Kita yang “bejibun” dosanya kepingin masuk surga. Kalau bukan karena kasih dan pengampunan dari Tuhan, kita tidak akan pernah menerima keselamatan. (published on facebook September 24, 2011)

Ketika hati ini tidak lagi mau tunduk kepda Tuhan, saat itulah pelayanan kita kehilangan kuasanya walaupun dikerjakan dengan luar biasa karena keterampilan yang hebat. (published on facebook September 28, 2011)

Manfaatkanlah dengan bertanya kepada orang yang menguasai suatu bidang tertentu untuk mendapatkan pengertian, dan ketika engkaupun menguasai suatu bidang tertentu, bersedialah untuk di manfaatkan dengan di tanya untuk memberikan pengertian. (published on facebook October 26, 2011)

Dunia: Lihat yang mulus, belok..! Lihat yang bening, belok..! sampai yang di sebelah gak ditengok… seharusnya kalau Kristen: Lihat yang miskin, belok..! Lihat yang susah, belok..! sampai yang di sebelahnya melongok… Apa sekarang, orang pada jago akting… Apa kusalah, bila andalkan Yesus… (semua orang, apapun kondisinya berharga di mata Tuhan) (published on facebook October 27, 2011)

“Pikir dahulu bicara kemudian, jangan bicara dahulu pikir kemudian.” Seringkali kita tidak sadar perkataan kita menyakiti orang lain. Walaupun permohonan maaf sudah diterima, namun hati sudah terlanjur terluka dan akan selalu berbekas. Penyesalan tiada berguna. (published on facebook November 24, 2011)

Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: “Tenanglah! Aku ini, jangan takut!” (Matius 14:27). Jangan takut adalah salah satu kalimat yang sering diucapkan oleh Tuhan Yesus, jangan pernah hidup dalam ketakutan untuksesuatu di depan yang belum tentu terjadi. Percayalah saja kepada Tuhan. (published on facebook December 19, 2011)

Seperti gembala di padang yang diberitahukan oleh malaikat tentang tanda kelahiranYesus, dan kemudian mencari tanda itu. Kiranya setiap Natal yang tiba menjadi pengingat bagi kita untuk selalu mencari Tuhan. Seperti gembala yang mempersembahkan emas, kemenyan dan mur lalu pulang dengan sukacita setelah bertemu Tuhan. Kiranya setelah kita menemukan Tuhan, kita selalu memeprsembahkan yang terbaik bagi Tuhan dengan sukacita yang penuh. Selamat Natal 2011, Tuhan memberkati. (published on facebook December 25, 2011)

2012, wow! Waktu datang dan pergi tanpa minta permisi kepada kita. Ketika kita bermalas-malasan dan berbuat hal yang buruk, saat itu waktu sedang lewat. Ketika kita bekerja keras dan berbuat hal yang baik, saat itu waktu sedang lewat. Kiranya setiap waktu yang masih diberikan, dipandang sebagai perpanjangan kesempatan untuk memperbaiki hidup kita dan semakin menyenangkan hati Tuhan. Selamat tahun baru, Tuhan Yesus memberkati. (published on facebook January 1, 2012)

Butuh kerja sama dua pribadi untuk membangun sebuah keluarga yang bahagia, namun hanya butuh satu pribadi saja untuk menghancurkannya. (published on facebook February 10, 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's comments and care